Melatih Sapi Agar Mau Konsentrat

Posted by Unknown Rabu, 31 Juli 2013 0 komentar
Melatih Sapi Agar Mau Konsentrat
Melatih Ternak Sapi Agar Mau Mengkonsumsi Pakan Konsentrat Ternak sapi yang dibeli dari pasar hewan, seringkali menolak saat diberi pakan berupa konsentrat.
Hal tersebut dapat terjadi karena pola pemeliharaan yang dilakukan oleh peternak tradisional memang lebih banyak menggunakan pakan hijauan yang murah dan mudah didapatkan disekitar lingkungan, dibandingkan dengan pakan konsentrat yang harus dibeli dari luar daerah.
Agar ternak sapi mau memakan konsentrat yang diberikan, ada beberapa trik yang dapat  dilakukan. Pada intinya, ternak sapi harus dilatih secara bertahap untuk menerima jenis pakan konsentrat yang mungkin belum pernah mereka kenal.
Langkah pertama Melatih Sapi Agar Mau Konsentrat adalah mencoba memberikan pakan konsentrat dalam jumlah terbatas. Jika ternak sapi tidak menyentuh atau memakannya, segera ganti konsentrat dengan bahan lain yang sudah dikenal luas dapat merangsang nafsu makan ternak sapi. Contohnya adalah katul halus atau wheat pollard, yang memiliki aroma khas yang disukai ternak sapi.
Pemberiannya tidak dapat secara langsung melainkan harus dibuat menjadi larutan mirip minuman sereal. Caranya dengan mencampurkan 1-2 kg katul atau wheat pollard dengan 3 liter air, aduk rata. Tambahkan 1 genggam garam kasar untuk memperkaya citarasanya. Kemudian berikan kepada ternak sapi pada pagi hari, sebelum memberikan pakan hijauan, agar mereka mau memakannya karena kondisi perut yang kosong (lapar).  Setelah larutan katul atau wheat pollard habis, baru dapat diberikan pakan hijauan.
Demikian juga Melatih Sapi Agar Mau Konsentrat pada sore hari, berikan katul atau wheat pollard terlebih dahulu sebelum diberikan pakan hijauan. Pada hari berikutnya, tingkatkan jumlah katul atau wheat pollard. Teruskan hingga komposisinya telah mencapai target jumlah konsentrat yang akan diberikan, misalnya 5 Kg.
Jika ternak sapi sudah terlihat terbiasa (biasanya pada hari ke 7 - 14), konsentrat dapat disisipkan dengan cara merubah komposisi, misalnya katul atau wheat pollard dikurangi satu kilogram, digantikan konsentrat dengan jumlah yang sama. Teruskan hingga seluruh katul atau wheat pollard tergantikan oleh konsentrat, kemudian pola pakan dirubah kembali menjadi hijauan pada pagi hari kemudian baru diberikan konsentrat.
Melatih Sapi Agar Mau Konsentrat cara lain adalah dengan memperkenalkan pakan konsentrat sedikit demi sedikit menggunakan tangan. Lakukan berulang kali hingga ternak sapi terbiasa. Jika cara ini belum efektif, berikan pakan berupa campuran konsentrat dan hijauan, agar ternak sapi tidak mempunyai pilihan lain.

Baca Juga :
    Budidaya ayam kampung
    Cara Menggemukan Sapi
    Memilih bakalan/bibit sapi
    PAKAN SAPI BALI
    Penyakit Sapi dan Pengendaliannya
    Ramuan penambah nafsu makan sapi 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Melatih Sapi Agar Mau Konsentrat
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-trik2.blogspot.com/2013/07/melatih-sapi-agar-mau-konsentrat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baku untuk berkomentar, tolong jangan gunakan singkatan. Dilarang berkomentar bernada rasis, sara, p*rn* atau iklan dan juga dilarang memasang link hidup. Jika ingin beriklan silahkan hubungi admin melalui halaman kontak.Terima kasih pengertiannya!

Receive all updates via Facebook, Google + and Twitter. Just Click the Like Button and Follow Below...


×
baju
Iklan sobat BENGKEL SOFTWARE
http://tips-trik2.blogspot.com/ support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of TIPS TRIK.