Persiapan pernikahan

Posted by Unknown Sabtu, 17 Agustus 2013 0 komentar

Persiapan pernikahan


Setelah tanggal pernikahan ditentukan, ada beberapa hal yang harus segera di lakukan oleh calon pengantin
 Berikut uraiannya
1.   Melakukan perawatan pranikah
Sebetulnya jauh sebelum kita dilamar, seharusnya setiap pria dan wanita yang nanti akan menjadi calon pengantin harus bisa meluangkan waktu untuk merawat diri. Perawatan pranikah ini amat penting, karena selain menyangkut performa pengantin pada saat hari H juga menyangkut rasa penghargaan kepada masing masing pasangan.

Artinya setiap orang pasti akan merasa senang, bahagia dan bangga bila orang yang dicintainya bisa melakukan hal hal baik untuk dirinya sendiri atau untuk pasangannya, misalnya tubuh yang selalu tercium wangi, kulit yang bersih, rambut yang sehat mengkilat, badan bugar, mulut yang harum. Semua perawatan itu akan lebih bermakna bila kita niatkan ibadah untuk menyenangkan pasangan istri atau suami kita kelak.

2.  Memilih tempat untuk acara pernikahan 
Ada beberapa alternatif tempat yang bisa dipilih. Untuk Acara indoor misalnya kita bisa memilih  rumah tinggal, sewa villa, aula, gedung pertemuan, mesjid, hotel, gor olahraga, dll, sedangkan untuk acara bertema outdoor bisa dipilih beberapa tempat unik yang sekarang mulai banyak di coba misalnya  taman kota, hutan kota, kebun, taman area villa, pantai, area sekitar danau, dll

Dalam memilih tempat acara pernikahan pun ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan, misalnya bila mayoritas tamu yang kita undang adalah tetangga dan rekan kerja yang dekat dengan tempat tinggal kita maka alangkah lebih bijaksana bila kita memilih tempat pernikahan di area terdekat tempat tinggal kita. Sehingga diharapkan semua tamu yang kita undang bisa datang memberikan doa restunya untuk putra putri kita.

Bila acara pernikahan yang akan kita gelar sangat sederhana, misalnya karena terbentur masalah biaya atau kita hanya mengundang tetangga dekat dan saudara dekat saja, misalnya kisaran jumlah tamunya hanya 100 orang sampai dengan 200 orang, artinya undangan yang kita sebar hanya 50 sampai 100 undangan, kemudian tanpa ada acara ceremonial lainnya, maka kita bisa memilih rumah tinggal sebagai alternatif tempat acara pernikahan. Dan alternatif ini akan jauh lebih ekonomis.

Tapi bila dalam acara pernikahan undangan yang kita sebar agak banyak minimal 300 undangan artinya tamu yang akan datang di perkirakan 600 orang, lalu biaya pernikahan yang kita persiapkan agak leluasa,maka saran terbaik adalah tidak memilih rumah sebagai alternatif tempat acara pernikahan. Tapi pilihlah tempat lain seperti gedung pertemuan, hotel, aula, dll.

Pertimbangannya adalah berkaca dari banyak pengalaman selain menguras banyak tenaga karena banyaknya perabot rumah yang harus di geser pindah sebelum dan sesudah acara pernikahan, juga waktu istirahat kita yang tersita karena kebisingan dari proses loading berbagai macam barang, dekorasi dll ke dalam rumah, dan yang terpenting lagi ternyata biaya yang dikeluarkan tidak lebih murah juga dibanding bila kita menyewa gedung pertemuan. Karena ternyata kita harus menyewa tenda, kursi tambahan, biaya cat rumah,dekorasi rumah,biaya ngebobok tembok rumah, biaya nembok kolam ikan, amplop untuk petugas keamanan sekitar rumah, penjaga stand, tukang cuci piring, dll

3. Survey 
Survey ke beberapa vendor yang menyiapkan kebutuhan pernikahan sangat penting. Karena pasti kita menginginkan kejadian sekali seumur hidup ini semua hasilnya adalah yang terbaik menurut selera kita. Dengan survey ke beberapa vendor maka calon pengantin bisa membandingkan hasil, harga serta kualitas pelayanan dari masing masing vendor.

Tapi tidak jarang calon pengantin malah jadi kebingungan dengan hasil surveynya, karena pasti tiap vendor punya kelebihan dan keistimewaan masing masing, maka cara terbaik untuk memilihnya adalah pilih saja vendor yang membuat kita merasa nyaman, merasa klik. Ini penting, karena kondisi calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan akan selalu dalam kondisi under pressure, merasa stress, bingung, lelah, cape, bahagia. Maka dari itu vendor yang baik lah yang membuat kita akan merasa nyaman, bisa di ajak diskusi apapun, tidak kaku, yang diharapkan bisa meminimalisir beban kita dalam mempersiapkan pernikahan nanti.

Ada hal penting lain yang bisa meminimalisir beban kita dalam mempersiapkan pernikahan yaitu kita bisa memilih vendor yang menyiapkan paket pernikahan komplit di satu tempat lengkap dengan tenaga EO ( event organizer ) nya. Artinya pada saat hari H kita tidak perlu repot lagi mengemas acara pernikahan dari A sampai Z karena semua sudah ditangani EO, kita pun tidak usah direpotkan lagi untuk mengkoordinir semua vendor kita yang tempatnya berlainan dan biasanya berjauhan. Karena berkaca dari pengalaman  juga hal ini ternyata sangat menguras pikiran,tenaga dan biaya.

Yang harus kita survey terutama Rias pengantin, orangtua, rias adik kakak, pager ayu,among tamu, Busana pengantin, Busana orangtua, adik kakak,  pagerayu, pagerbagus, Catering, Dekorasi, Undangan, Cenderamata, Foto, Video, Hiburan, Upacara adat, Mc, Mobil pengantinTempat perawatan pranikah, Kamar pengantin, Tenda, Kursi, Sound system

4.  Mendaftarkan tanggal pernikahan ke KUA 
Ini harus secepatnya dilakukan, apalagi bila kita ingin menjadi orang pertama yang dikunjungi pejabat KUA untuk dinikahkan agar acara selanjutnya yang sudah kita rancang bisa berjalan lancar sesuai rencana. Juga untuk berjaga jaga seandainya ada beberapa persyaratan administrasi yang mungkin banyak dan memakan waktu sehingga kita tidak terburu buru untuk membereskannya. Selain itu kita juga jadi tahu berapa biaya yang harus kita persiapkan.

5.  Menyusun daftar tamu yang akan kita undang sebisa mungkin sudah kita persiapkan jauh jauh hari, hal ini untuk menghindari adanya sahabat atau tamu terdekat yang luput kita undang sehingga menimbulkan kesalahfahaman di kemudian hari. Membuat daftar tamu pun akan sangat berpengaruh kepada besarnya biaya pernikahan yang harus kita persiapkan.

Bila kita terbentur pada masalah biaya, maka dengan bijaksana kita bisa memilah kembali daftar tamu berdasarkan kedekatan kita dengan mereka. Misalnya pada masing masing nama tamu kita beri tanda akrab atau agak dekat atau kenal, setelah itu kita bisa pilih kira kira tamu mana yang akan kita undang

6. Membuat list barang hantaran juga harus secepatnya dilakukan,agar kita tahu kisaran biaya yang harus di persiapkan. Barang hantaran biasanya meliputi  makanan khas daerah cpp, alat sholat, pakaian dalam, pakaian pesta, tas, sepatu, kosmetik, asesoris tempat tidur, peralatan mandi, dll

7. Memilih mahar atau mas kawin
Biasanya dalam agama Islam merupakan hak wanita, tapi tetap tidak memberatkan pihak laki laki. Bentuk mahar yang dipilih bervariasi, ada yang berbentuk uang, alat sholat, perhiasan komplit, cincin saja, pembacaan ayat Al Quran, dll. Biasanya ada beberapa mahar yang memerlukan waktu lama untuk membuatnya, misalnya perhiasan khusus, uang yang di bentuk lucu, dll. Maka dari itu mempersiapkan mahar jauh jauh hari akan lebih baik, agar kedua belah pihak merasa puas.

8. Menentukan estimasi atau kisaran biaya
Setelah memilih dan mempersiapkan beberapa hal tadi maka kita bisa menentukan estimasi biaya yang akan kita keluarkan untuk kebutuhan pernikahan nanti. Sebisa mungkin kita harus bersikap bijaksana dalam mengeluarkan biaya pernikahan, semua kebutuhan pernikahan sebisa mungkin harus disesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki. karena kita semua tentu saja tidak mau di pusingkan oleh masalah hutang yang menumpuk setelah acara pernikahan selesai.

Setelah seharian kita di lelahkan oleh acara pernikahan esoknya kita masih dipusingkan dengan bagaimana cara membayar hutang, sehingga akhirnya bukannya kebahagiaan yang kita dapatkan setelah acara usai tapi keruwetan yang akibatnya membuat kita jadi murang maring, atau jatuh sakit, sehingga ada pihak-pihak yang seharusnya kita beri penghargaan dan ucapan terimakasih karena sudah bersusah payah membantu kelancaran acara kita malah kena semprot, kena marah. Kita kan tidak mau jika pernikahan yang selayaknya menjadi acara ibadah, sakral, suci, malah berujung buruk.

Oleh karena itu, itulah gunanya survey, persiapan yang matang, agar kita bisa mendapatkan banyak referensi yang baik yang sesuai dengan harapan kita yaitu kualitas baik tapi sesuai dengan budget yang kita punya.

9. Faktor X
Semua persiapan pernikahan yang sudah kita susun sedemikian rupa terasa sudah matang, tapi jangan lupa ada faktor X yang paling utama, yaitu ridha Tuhan atau ridha Allah. Jika kita melupakan Tuhan, lupa untuk rajin ber’doa, lupa untuk lebih meningkatkan ibadah dan hanya asyik merancang mimpi indah pernikahan, besarnya angpau yang akan kita terima, banyaknya pujian yang akan kita dapat, lupa bersedekah karena takut biaya pernikahan ke coceng, bisa jadi acara pernikahannya banyak kendala, pernikahan yang hambar, dll.. Jadi jangan lupa untuk lebih meningkatkan ibadah & sedekah sebelum, selama dan sesudah acara hari H.

Berkaca dari pengalaman, banyak pernikahan yang berjalan sangat lancar dan memuaskan, bahkan beberapa hal yang semula dikhawatirkan menjadi kendala malahan tidak ada, mungkin saat itulah ridha Allah turun kepada mereka. Mudah-mudahan kita juga termasuk ke dalam orang-orang yang dimudahkan, dilancarkan, disukseskan, diringankan segala urusan baik sebelum, selama dan sesudah hari pernikahan kita, Amiin..
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Persiapan pernikahan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-trik2.blogspot.com/2013/08/persiapan-pernikahan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baku untuk berkomentar, tolong jangan gunakan singkatan. Dilarang berkomentar bernada rasis, sara, p*rn* atau iklan dan juga dilarang memasang link hidup. Jika ingin beriklan silahkan hubungi admin melalui halaman kontak.Terima kasih pengertiannya!

Receive all updates via Facebook, Google + and Twitter. Just Click the Like Button and Follow Below...


×
baju
Iklan sobat BENGKEL SOFTWARE
http://tips-trik2.blogspot.com/ support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of TIPS TRIK.